• Unit Penyelenggara Program Studi S1-Manajemen dan S1-Akuntansi pada Universitas Amir Hamzah ( UNHAM ) adalah Fakultas Ekonomi Universitas Amir Hamzah ( FE-UNHAM ). Universitas Amir Hamzah, adalah perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah (terdaftar sebagai Badan Hukum berdasarkan SK Menkumham R.I. No.   tanggal 08 November 2010 ).
  • FE-UNHAM berkedudukan/berdomisili di Gedung Fakultas Ekonomi Kampus UNHAM Jln. Pancing Pasar V Barat – Medan Estate.
  • Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi, FE-UNHAM sebagai unit pengelola program studi, saat ini mengelola program studi jenjang Sarjana S1- Manajemen dan S1-Akuntansi pada Universitas Amir Hamzah, yang memulai pelaksanaan kegiatan perkuliahannya pada tahun akademik 1981/1982.
  • Aspek legalitas terkait dengan pendirian dan penyelenggaraan pendidikan tinggi di UNHAM khususnya pada FE-UNHAM sebagai UPPS S1-Manajemen dan S1-Akuntansi adalah sebagai berikut :
    1. Ijin operasional program studi Manajemen & Akuntansi dan FE-UNHAM, pada awalnya adalah untuk jenjang Sarjana Muda, sebagaimana ijin operasional yang diterbitkan oleh Depdikbuk R.I. ( saat itu ) nomor 0350/O/1983.
    2. Pada tahun 1986, berdasarkan ketentuan yang berlaku saat itu, bersama – sama dengan perguruan tinggi swasta lainnya se-wilayah Kopertis I ( Sumut, Aceh, Sumbar dan Riau ), diberi kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi akademik jenjang Sarjana Lengkap ( S-1) berdasarkan SK Mendikbud R.I. nomor 0387/O/1986 tanggal 22 Mei 1986 tentang Penataan Kembali Penyesuaian Jalur, Jenjang, dan Program Pendidikan serta Nama Unit/Fakultas/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I, termasuk didalamnya adalah Fakultas Ekonomi Program Studi S1-Manajemen dan S1-Akuntansi Universitas Amir Hamzah, sebagai dasar hukum / ijin operasional UNHAM, FE-UNHAM dan Prodi Manajemen dan Akuntansi untuk jenjang Sarjana Strata-1 ( S-1 ),
    3. SK Perpanjangan Ijin Operasional Prodi S1-Manajemen yang terakhir berdasarkan surat Koordinator Kopertis Wilayah I a.n. Dirjen Dikti Nomor 1859/D/T/K-I/2010 tanggal 3 Mei 2010 dan Prodi S1-Akuntansi Nomor yang ditandatangani oleh Zainuddin selaku Koordinator, dan selanjutnya berdasarkan Surat Mendiknas R.I., maka tidak ada lagi perpanjangan Ijin Operasional Prodi, karena Ijin Operasional Prodi dimaksud diganti dengan Akreditasi Program Studi yang memiliki masa berlaku 5 ( lima ) tahun.
  • Ketentuan penerapan akreditasi program studi yang dimulai pada tahun 1998, namun Universitas Amir Hamzah baru mengajukan APS untuk pertama kalinya pada tahun 2006 untuk 4 ( empat ) prodi yaitu Prodi S1-Ilmu Hukum, S1-Manajemen, S1-Agronomi dan  S1-Teknik Sipil.
  • Perkembangan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Prodi dilingkungan  FE-UNHAM selaku UPPS S1-Manajemen & S1-Akuntansi sampai dengan tahun 2019/2020 sebagaimana Tabel berikut :
    1. PRODI S1-MANAJEMEN FE-UNHAM :
    2. PRODI S1-AKUNTANSI FE-UNHAM :
    3. UNIVERSITAS AMIR HAMZAH ( UNHAM ) :