DOKUMEN RENCANA STRATEGIS FE-UNHAM 2016-2020

Visi, misi dan tujuan FE-UNHAM dimanifestasikan dalam bentuk strategi dan tahapan-tahapan pencapaian yang tertuang dalam dokumen Rencana Strategis FE-UNHAM. Renstra FE-UNHAM mengacu pada Renstra dan RIP Unham yang merupakan penjabaran dari Statuta Unham. Dalam konteks program jangka panjang dengan mengacu kepada visi, misi, dan tujuan serta dengan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan bisnis, keuangan dan kewirausahaan di Indonesia maupun di dunia internasional. Renstra  FE-UNHAM yang sedang berjalan saat ini adalah Renstra 2016 – 2020 yang dituangkan dalam bentuk Keputusan Dekan No 30 Tahun 2016. Strategi pencapaian visi dan misi FE-UNHAM ini ditetapkan dalam 5 (lima) isu strategis pengembangan FE-UNHAM. Kelima isu strategis tersebut adalah:

  1. Kualitas dan kredibilitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi Terjaminnya kualitas produk dan layanan tridharma perguruan tinggi berwawasan multi-kultur, lingkungan, yang berbasis teknologi untuk menghasilkan output dengan kompetensi holistik guna meningkatkan kredibilitas pendidikan tinggi (akademik, profesional, dan vokasional, termasuk pendidikan berkelanjutan) yang relevan dan adaptif dengan kebutuhan stakeholders (science for society) dengan memanfaatkan secara maksimal endogenous capacity, dalam rangka memberikan nilai tambah, makna dan fungsi pendidikan tinggi bagi kehidupan masyarakat.
  2. Ekstensifikasi unit-unit pelaksanan akademik. Tercapainya ekstensifikasi secara horizontal maupun vertikal dan intensifikasi unit-unit pelaksana akademis dan unit-unit kegiatan strategis dalam rangka pengembangan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan dengan memperhatikan keluwesan ruang dan waktu serta rentang pilihan optimal proses pembelajaran.
  3. Strategi jejaring kerjasama. Terkembangnya jejaring dan kemitraan dengan berbagai pihak terkait di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.
  4. Strategi manajemen sumberdana. Tergalinya sumber dana yang berasal dari hibah, filantropi, dan pihak ketiga serta terdiversifikasikannya sumber dana melalui perbaikan tata kelola dan fasilitasi unit-unitkegiatan strategis sebagai implementasi dari good university governance untuk meningkatkan kemandirian keuangan.
  5. Strategi manajemen organisasi. Terbangunnya manajemen organisasi yang dilandasi oleh budaya organisasi yang kuat dan good university governance, berorientasi pada six senses dengan memanfaatkan knowledge management yang berbasis human capital, organization capital, dan information capital yang diimplementasikan secara berkesinambungan.Rencana strategis ini merupakan arahan bagi kepemimpinan UNHAM (siapapun yang menjadi pimpinan) dalam menentukan arah program. Manajemen akan menyusun Program selama 1 tahun. Dalam penyusunannya, manajemen universitas, fakultas dan program studi tentu akan mengacu pada Renstra Unham yang sudah dibuat dan diamanahkan harus dilaksanakan. Proses ini dapat dilihat pada Gambar 3 berikut :

Gambar Strategi Manajemen Organisasi UNHAM
Tahapan Pengembangan FE-UNHAM :
2016-2020 akan  Menjadi UPPS EKONOMI & BISNIS yang terpercaya dengan pelayanan  bermutu dan berdaya saing regional (SUMATERA UTARA )
2020-2024 akan Menjadi UPPS EKONOMI & BISNIS yang terpercaya, pelayanan  bermutu, unggul dan berdaya saing regional (SUMATERA UTARA )
2025 – 2039 akan menjadi UPPS EKONOMI & BISNIS terpercaya, pelayanan  bermutu, unggul dan berdaya saing nasional ( INDONESIA )  

Dan tepat pada Tahun 2040, dimana FE-UNHAM telah mencapai rentang usia 60 Tahun ( 1981 – 2040 ), pencapaian Rencana Induk Pengembangan FE-UNHAM sebagai salah satu UPPS di UNHAM akan mencapai titik tertingginya, yang tentunya sejalan dengan pencapaian RIP UNHAM, dan untuk selanjutnya kondisi ini dapat terus dipertahankan dan terus dikembangkan, sehingga keberlanjutan perguruan tinggi UNHAM, dan program studi yang dikelolanya melalui Fakultas Ekonomi sebagai UPPS bidang Ekonomi & Bisnis dapat terus berjalan.

DOKUMEN RENCANA STRATEGIS FE-UNHAM 2016-2020