Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SEJARAH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AMIR HAMZAH

Fakultas Ekonomi Universitas Amir Hamzah sebagai Unit Penyelenggara Program Studi sejak dari awal pelaksanaannya mulai tahun akademik 1981/1982, yang mendapatkan ijin operasional untuk jenjang pendidikan Sarjana Muda, termasuk Prodi S1-Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Amir Hamzah ( PS S1 Manajemen FE-UNHAM ) berdasarkan SK Mendikbud R.I. Nomor : 0350/O/1983 tentang Pendirian dan Ijin Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Jenjang Sarjana Mudan Fakultas Hukum dengan jurusan Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Administrasi Negar dan Fakultas Ekonomi dengan jurusan Manajemen dan Akuntansi, yang ditandatangani oleh Mendikbud R.I. ( saat itu ) Nugroho Notosusanto, dan kemudian pada tahun 1986, sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat itu terkait dengan pendidikan tinggi, bersama – sama dengan perguruan tinggi swasta lainnya se-wilayah Kopertis 1 Sumut – Aceh, Universitas Amir Hamzah diberi kewenangan menyelenggarakan pendidikan tinggi akademik jenjang program Sarjana ( S-1 ) berdasarkan SK Mendikbud R.I. No. 0387/O/1986 tanggal 22 Mei 1986 sebagai Ijin Operasional Perguruan Tinggi Jenjang Sarjana yang ditandatangani oleh Sekretaris a.n. Mendikbud R.I. Soetrisno Prasonto, dengan status TERDAFTAR, yang terdiri atas 10 ( sepuluh ) Jurusan/Program Studi Jenjang Sarjana ( S-1 ) : Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Akuntansi, Manajemen, Agronomi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin.

UNIVERSITAS AMIR HAMZAH selanjutnya disingkat UNHAM, adalah perguruan tingi swasta yang diselenggarakan oleh dan berada dibawah naungan Badan Hukum Penyelenggara Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, , didirikan pada tahun 1980 berdasarkan Akta Pendirian Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah No. 25 Tahun 1980 tanggal 7 Nopember 1980 yang ditandatangani oleh Raskami Ginting, S.H. – Notaris dan PPAT di Medan, dan Akta sebagaimana dimaksud telah dirubah beberapa kali terakhir dengan Akta Notaris Taufik Riadi, S.H., M.Kn, No. 11 dan 12 Tahun 2010. Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah sebagai Badan Hukum telah Terdaftar di Kemenkumham R.I. berdasarkan SK Menkumham R.I. Nomor AHU4663AH.01.04.TAHUN 2010. Universitas Amir Hamzah, saat ini, sebagai perguruan tinggi, telah Terakreditasi BAN-PT dengan Peringkat “C” berdasarkan SK BAN-PT No. Tahun 2018 yang berlaku s.d. tahun 2023, dan dengan ketentuan terakhir yang berlaku, Universitas Amir Hamzah dibawah Koordinasi WASDALBIN LLDIKTI WILAYAH I SUMUT.

Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, selanjutnya disebut dengan YUTAH, didirikan oleh para cendekiawan Melayu yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya, dari berbagai latar belakang : akademisi, praktisi, dan tokoh masyarakat. Para pendiri tercatat berasal dari Akademisi dari USU, Pengusaha, Sultan Kesultanan Deli, Sultan Kesultanan Serdang dan lainnya. Nama Tengku Amir Hamzah yang ditabalkan pada nama Yayasan, sebagai salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Kerajaan Melayu di Langkat, memberikan jati diri tersendiri bagi Universitas Amir Hamzah, selanjutnya disingkat dengan UNHAM, dengan motto-nya “ Sekali Layar Terkembang – Surut Kita Berpantang “, dan lambang/logo UNHAM yang berbentuk segilima, dengan gambar kapal layar mengarungi samudera, memberikan narasi untuk setiap fungsionaris YUTAH dan sivitas akademika UNHAM memilki semangat dan tekad baja untuk maju terus, pantang mundur, hadapi segala rintangan dan siap berkorban untuk mencapai tujuan yang diyakini.

Kepemilikan lahan dan bangunan Kampus UNHAM saat ini adalah atas nama Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, berdasarkan Akta Sertifikat HGB yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Kabupaten Deli Serdang :
HGB No. 6644 Desa Medan Estate, Luas Tanah : 6617 M2, berakhir hak 17 Jan 2033, dan
HGB No. 6645 Desa Medan Estate – Luas Tanah : 14.471 M2, berakhir hak 17 Jan 2033

Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, sebagai badan hukum penyelenggara Universitas Amir Hamzah, telah memenuhi kewajibannya sebagai Wajib Pajak Badan. Disamping itu, para Dosen Tetap dan Tenaga Kependidikan mulai tahun 2019 telah didaftarkan sebagai Peserta BPJS Tenaga Kerja. YUTAH juga telah menerbitkan Peraturan Yayasan No. 001/Yay-Unham/PER/II/2016 tentang Statuta Universitas Amir Hamzah dan No. 002/Yay-Unham/PER/II/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Amir Hamzah, sebagai dasar penyelenggaran pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi di Universitas Amir Hamzah, serta untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Pada tahun 2012 – 2013, dalam rangka upaya Yayasan mengembangkan unit usahanya yaitu Universitas Amir Hamzah, telah membangun Gedung Baru ( dilokasi saat ini ) untuk kegiatan akademik maupun non akademik dalam rangka pemyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi Universitas Amir Hamzah, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan suasana akademik kampus, dimana FE-UNHAM sebaga UPPS Prodi S1-Manajemen dan S1-Akuntansi mendapatkan alokasi Gedung Baru dengan profil gedung dengan 2 ( dua ) lantai, dan jumlah ruang total 20 ( dua puluh ) ruang, dengan luas tanah 1000 M2 dan luas bangunan 500M2, dimana beberapa digunakan sebagai ruang prodi, ruang kerja Dosen Tetap dan ruang perkuliahan Prodi S1-Manajemen, disamping ruang – ruang lainnya yaitu ruang Dekan, Wakil Dekan, Bagian Tata Usaha, Unit Kerja Jaminan Mutu dan Sistim Informasi, Unit Kerja Litabmas, perpustakaan, Lab. Komputer serta ruang prodi, ruang kerja Dosen Tetap dan ruang perkuliahan Prodi S1-Akuntansi.

BPA UNHAM

GEDUNG BIRO REKTOR - PUSAT ADMINISTRASI UNIVERSITAS

GEDUNG BIRO PUSAT ADMINISTRASI

UNIVERSITAS AMIR HAMZAH

  1. BIRO REKTOR
  2. BIRO ADMINSITRASI PEMBELAJARAN, KEMAHASISWAAN, DAN SISTIM INFORMASI
  3. LEMBAGA PENELITIAN & PENGABDIAN MASYARAKAT
  4. LEMBAGA PENJAMINAN MUTU INTERNAL
  5. BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN, KEPEGAWAIAN & UMUM

GEDUNG FE UNHAM

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS AMIR HAMZAH

  1. DEKANAT 
  2. PROGRAM STUDI 
  3. BAGIAN TATA USAHA 
  4. UNIT PELAKSANA TEKNIS FAKULTAS : UNIT PENELITIAN & PENGABDIAN MASYARAKAT, PUSAT PENJAMINAN & PENGENDALIAN MUTU, LABORATORIUM KOMPUTER, DAN PERPUSTAKAAN.
  5. KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL : DOSEN PRODI S1-AKUNTANSI, DOSEN PRODI S1-MANAJEMEN & PUSTAKAWAN
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.